Oleh: Silka Yuanti Draditaswari
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang
Aspek psikomotor adalah aspek yang berhubungan dengan
hasil belajar yang pencapaiannya melalui keterampilan manipulasi yang
melibatkan otot dan kekuatan fisik. Jika dihubungan dengan pembelajaran, maka keterampilan
itu dilatih melalui praktik secara berulang-ulang yang akan menjadi kebiasaan
atau otomatis. Pengulangan latihan akan memberikan pengaruh yang sangat besar
pada keberhasilan belajar. Langkah-langkah dalam mengajar praktik adalah
sebagai berikut:
1.
Menentukan tujuan dalam bentuk perbuatan,
2.
Menganalisis keterampilan secara detail dan catatan operasi serta
urutannya,
3.
Mendemonstrasikan keterampilan tersebut disertai dengan penjelasan
singkat dengan memberikan perhatian pada butir-butir kunci termasuk kompetensi
kunci yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu serta bagian-bagian
yang sukar,
4.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba praktik dengan pengawasan
dan bimbingan, dan
5.
Memberikan penilaian terhadap usaha siswa.
Penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan
itu harus mencakup persiapan, proses, dan produk. Penilaian dapat dilakukan
pada saat proses berlangsung atau sesudah siswa bekerja. Untuk melakukan
pengukuran hasil belajar ranah psikomotor, terdapat dua hal yang perlu
dilakukan oleh guru, yaitu membuat instrumen soal dan membuat instrumen untuk
mengamati jawaban siswa. Instrumen soal tersebut bisa berupa pertanyaan, lembar
kerja, lembar tugas, perintah kerja, dan lembar eksperimen. Instrumen unuk
mengamati jawaban siswa tersebut bisa berupa lembar observasi, lembar
penilaian, dan portfolio.
Lembar observasi adalah lembar yang digunakan untuk
mengobservasi aspek-aspek keterampilan yang diamati. Lembar observasi ini dapat
berupa daftar cek (check list). Lembar penilaian adalah lembar yang digunakan untuk
menilai kinerja siswa atau menilai kualitas pelaksanaan aspek-aspek
keterampilan yang diamati. Portofolio adalah kumpulan pekerjaan siswa yang
teratur dan berkesinambungan sehingga peningkatan kemampuan siswa dapat
diketahui untuk menuju satu kompetensi tertentu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar