Oleh: Silka Yuanti Draditaswari
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang
KD: Menemukan Makna Kata dalam Ensiklopedia
Model Pembelajaran: Number Board Game
Langkah-langkah Pembelajaran:
No.
|
Kegiatan
|
Metode
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
-
Guru memeriksa kehadiran, kebersihan, kerapihan
kelas, dan pengkondisian suasana kelas yang kondunsif
-
Apersepsi:
è Bertanya
jawab mengenai pengetahuan ensiklopedia
è Menjelaskan
secara singkat cara menggunakan ensiklopedia dengan teknik membaca skipping
-
Guru menyampaikan tujuan dari topik pembelajaran
|
Tanya jawab
|
15’
|
2.
|
Inti
1) Eksplorasi
-
Guru membagi
kelas menjadi tujuh kelompok dengan lima siswa dalam tiap kelompok
secara acak
-
Guru membagikan 1 buku ensiklopedia, 1 dadu dan papan
nomor (yang terbuat dari kertas manila) pada masing-masing kelompok. Papan nomor
ini terdiri dari 20 kotak yang dimodel seperti ular tangga. Di balik nomor
tersebut terdapat 1 atau 2 kata yang harus dicari maknanya di ensiklopedia.
-
Guru menjelaskan aturan permainan. Waktu permainan ditentukan
selama 30 menit. Kelompok yang menyelesaikan permainan lebih cepat adalah
kelompok juara. Siswa yang menyelesaikan permainan lebih cepat dan menemukan
makna kata terbanyak adalah siswa juara.
2) Elaborasi
-
Siswa mulai bermain papan nomor
-
Siswa yang mendapat giliran harus mengocok dadu
kemudian melangkah sesuai dengan nomor dadu yang telah dikocok.
-
Setelah sampai di nomor tersebut, siswa harus
menemukan makna kata yang terdapat dalam nomor tersebut di ensiklopedia secepat
mungkin.
-
Setelah menemukan makna katanya, siswa tersebut
harus menuliskan namanya di nomor tersebut. Begitu seterusnya permainan
berjalan.
-
Setelah selesai bermain, kelompok membuat laporan jumlah
dan kecepatan menemukan kata dari anggota kelompok
-
Setelah kelompok tersebut menyelesaikan permainan
dan laporannya, maka mereka harus berteriak “JUARA”.
-
Jika waktu 30 menit telah habis, maka guru harus
menghentikan kegiatan semua kelompok.
3) Konfirmasi
-
Laporan seluruh kelompok diberikan kepada guru
-
Guru membuka diskusi dengan membahas laporan dari
kelompok JUARA dan siswa JUARA dalam kelompok tersebut.
-
Guru menanyai makna kata yang telah ditemukan oleh
siswa JUARA.
-
Jika jawaban benar, maka jawaban tersebut
dibandingkan dengan jawaban siswa lain. Jika jawaban itu salah, maka
kesempatan JUARA bisa diserahkan ke siswa lain yang jawabannya benar.
-
Guru menunjukkan jawaban yang benar dari kata-kata
yang dikerjakan siswa JUARA tersebut di ensiklopedia dengan teknik skipping
|
Pemberian tugas, latihan
|
50’
|
3.
|
Penutup
1) Rangkuman
-
Guru menanyakan sisi mudah dan sulit dari menemukan
makna kata dalam ensiklopedia dengan teknik membaca skipping.
-
Guru bersama siswa menarik kesimpulan dari materi hari
ini.
2) Reward
Guru memberikan reward kepada kelompok JUARA dan
siswa JUARA
|
Tanya jawab
|
15’
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar