Oleh: Silka Yuanti Draditaswari
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang
A.
Definisi Penilaian Berbasis Kelas
Penilaian Berbasis Kelas (PBK) adalah suatu proses
pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa
dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian berkelanjutan, otentik, akurat, dan
konsisten dalam kegiatan pembelajaran di bawah kewenangan guru di kelas. Proses
penilaiannya dengan mengumpulan dan menggunakan informasi hasil belajar peserta
didik untuk mengetahui tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap
tujuan pendidikan yang telah ditetapkan (standar kompetensi, kompetensi dasar,
dan indikator). Penilaian berbasis kelas ini mencakup seluruh komponen dalam
kelas. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, aspek yang dinilai adalah
membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Selain empat aspek bahasa,
terdapat pula aspek-aspek lainnya, yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.
Penilaian berbasis kelas ini menilai dengan
pengumpulan karya siswa (portofolio), hasil karya atau produk, penugasan
(proyek), kinerja (performance), dan tes tertulis. Guru menilai
kompetensi dan hasil belajar siswa berdasarkan level pencapaian prestasi siswa.
B.
Contoh Penilaian Berbasis Kelas
1.
Penilaian Kegiatan Belajar Membaca
a.
Tes Membaca Nyaring
KD: Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik,
kinseik yang sesuai dengan isi puisi.
Soal:
-
Pahamilah dengan baik puisi berjudul “Sebuah Jaket Berlumur Darah” karya
Taufik Ismail di bawah ini!
-
Bacakan puisi itu dengan memperhatikan irama yang tepat, volume suara
yang cukup, mimik dan kinesik yang sesuai di depan kelas!
Penilaian:
Guru menilai kemampuan siswa dalam membaca indah puisi
berdasarkan unsur membaca puisi yang dikuasai siswa, kekurangan atau
kelemahannya dari unsur membaca puisi, dan kesalahan-kesalahan dalam membaca
indah puisi.
b.
Tes Membaca Pemahaman
KD: Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Soal:
-
Bacalah artikel yang berjudul “Facebookers yang Rentan” berikut!
-
Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
-
Tuliskan isi dari artikel tersebut dalam satu paragraf dengan tepat dan
lengkap!
Penilaian:
Guru menilai jawaban siswa dari lembar pertanyaan dan
kesimpulan dari isi artikel tersebut dalam satu paragraf.
2.
Penilaian Kegiatan Belajar Menulis
a.
Tes Menulis berdasarkan Rangsangan Visual
KD: Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
Petunjuk: Guru menayangkan media video yang berisi kumpulan gambar alam
sekitar.
Soal:
-
Perhatikan tayangan video yang diberikan oleh guru dengan seksama!
-
Tuliskan hal-hal yang penting dan menarik dari tayangan video tersebut!
-
Buatlah satu puisi bebas berdasarkan tayangan video yang telah kamu
lihat tadi!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis puisi
bebas. Semakin kreatif dan baik penulisannya, maka nilai yang diberikan semakin
tinggi atau baik.
b.
Tes Menulis berdasarkan Rangsangan Suara
KD: Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa,
dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi.
Petunjuk: Guru memperdengarkan rekaman sebuah berita dari radio.
Soal:
-
Simaklah rekaman berita dari radio berikut!
-
Catatlah hal-hal yang penting dari rekaman berita tersebut!
-
Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Penilaian:
Guru menilai ketepatan siswa dalam menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang mengandung unsur pokok berita (apa, siapa, di mana,
kapan, mengapa, dan bagaimana).
c.
Tes Menulis dengan Rangsangan Buku
KD: Meresensi buku pengetahuan
Soal:
-
Bentuklah sebuah kelompok bersama teman-temanmu dengan anggota 6 orang!
-
Bacalah buku yang berjudul “Menulis Cerpen Praktis” dengan teliti!
-
Buatlah resensi dari buku tersebut dengan memperhatikan identitas buku,
kelebihan dan kelemahan buku, serta isi dari buku tersebut dengan jelas dan
tepat!
Penilaan:
Guru menilai ketepatan, kesesuaian, dan kejelasan
siswa dalam menulis sebuah resensi buku “Menulis Cerpen Praktis”.
d.
Tes Menulis Laporan
KD: Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
Soal:
Tulislah
sebuah laporan perjalanan ke suatu tempat yang pernah kamu kunjungi dan
berkesan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru
menilai keruntutan, kelengkapan, dan kejelasan siswa dalam membuat sebuah
laporan perjalanan ke suatu tempat serta penggunaan bahasa Indonesianya yang
baik dan benar.
e.
Tes Menulis Surat
KD: Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan
bahasa
Soal:
Ardi bersahabat dengan Radit, tetangganya, sejak kecil. Namun semenjak
umur 13 tahun Ardi harus berpisah dengan sahabatnya karna Radit pindah ke
Surabaya. Ardi, yang rindu bermain dengan Radit, berniat untuk menulis surat
kepada dia. Bantulah Ardi agar ia dapat menulis surat yang baik kepada Radit!
Penilaian:
Guru menilai kesesuaian komposisi, isi, dan bahasa dengan ilustrasi yang
telah diberikan.
f.
Tes Menulis berdasarkan Tema Tertentu
KD: Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
Soal:
Tulisah sebuah puisi bebas berdasarkan pengalaman Masa Orientasi Sekolah
(MOS) yang telah kamu lakukan!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis puisi bebas serta
kesesuaian tema juga isi yang baik.
g.
Tes Menulis Karangan Bebas
KD: Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Soal:
Tulislah sebuah cerita pendek berdasarkan peristiwa yang paling berkesan
dalam hidupmu!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis sebuah cerpen bebas dan
kesesuaian dengan tema yang telah ditentukan.
3.
Penilaian Kegiatan Belajar Berbicara
a.
Tes Berbicara berdasarkan Gambar
KD: Bercerita dengan alat peraga
Petunjuk: Guru menayangkan gambar-gambar yang dirangkai menunjukkan
sebuah cerita
Soal:
-
Perhatikan rangkaian gambar yang ditayangkan dengan seksama!
-
Ceritakanlah rangkaian gambar yang telah ditunjukkan tersebut di depan
kelas!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam bercerita serta
kesesuaian cerita dengan rangkaian gambar yang ditunjukkan
b.
Wawancara
KD: Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan
memperhatikan etika berwawancara
Soal:
Lakukanlah kegiatan wawancara dengan teman sebangkumu dengan
memperhatikan etika berwawancara!
Penilaian:
Guru menilai penggunaan etika berwawancara, bahasa, dan hasil wawancara
siswa.
c.
Bercerita
KD: Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan
keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
Soal:
Ceritakanlah mengenai tokoh idolamu secara lengkap di depan kelas dengan
bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai kelengkapan isi cerita (identitas tokoh, keunggulan, dan
alasan mengidolakan) serta bahasa cerita yang digunakan.
d.
Diskusi
KD: Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam
diskusi disertai dengan bukti atau alasan
Petunjuk:
-
Kelas dibagi menjadi dua kelompok besar
-
Kelompok 1 sebagai pembela pelaku tawuran, kelompok 2 sebagai pembela
korban tawuran
-
Guru menayangkan video yang berkaitan dengan kasus tawuran pelajar
Soal:
-
Simaklah tayangan video kasus tawuran pelajar dengan seksama!
-
Diskusikanlah kasus tersebut dengan mempertimbangkan peran masing-masing
kelompok!
-
Diskusilah dengan aktif dan sportif serta gunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai sikap siswa dalam berdiskusi
(menyampaikan atau menyanggah pendapat) serta penggunaan bahasa Indonesia yang
baik dan benar dan kesesuaian bukti atau alasan dalam menyanggah sebuah
pendapat.
e.
Ujaran Terstruktur
KD: Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Petunjuk: Guru membacakan lima paragraf penggalan novel “Betty Ta’ Iye”
kepada siswa.
Soal:
-
Bentuklah sebuah kelompok dengan anggota lima orang!
-
Simaklah dengan baik penggalan novel “Betty Ta’ Iye” berikut!
-
Catatlah hal-hal yang penting atau menarik dari penggalan tersebut!
-
Diskusikanlah dengan temanmu mengenai penggalan novel tersebut
(hubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari)!
-
Sampaikanlah pendapatmu kepada teman-teman di kelas dengan bahasa
Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai kesesuaian dan ketepatan siswa dalam
mengapresiasi penggalan novel tersebut dengan kehidupan nyata sehari-hari juga
penggunaan bahasa Indonesianya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar