Mengenai Saya

Foto saya
Perempuan kelahiran Kota Malang yang terus belajar, mencoba, lalu berkreasi
Hai! Selamat datang dan selamat menikmati sajian tulisan-tulisan yang semoga bermanfaat ini. Kotak saran dan kritik sangat terbuka, jadi jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar. Jangan lupa menuliskan sumbernya ya jika mau merujuk tulisan-tulisan di blog ini. Have a nice surf :)

Minggu, 27 Januari 2013

DEFINISI DAN CONTOH PENILAIAN BERBASIS KELAS


Oleh: Silka Yuanti Draditaswari
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang


A.    Definisi Penilaian Berbasis Kelas
            Penilaian Berbasis Kelas (PBK) adalah suatu proses pengumpulan, pelaporan, dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa dengan menerapkan prinsip-prinsip penilaian berkelanjutan, otentik, akurat, dan konsisten dalam kegiatan pembelajaran di bawah kewenangan guru di kelas. Proses penilaiannya dengan mengumpulan dan menggunakan informasi hasil belajar peserta didik untuk mengetahui tingkat pencapaian dan penguasaan peserta didik terhadap tujuan pendidikan yang telah ditetapkan (standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator). Penilaian berbasis kelas ini mencakup seluruh komponen dalam kelas. Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, aspek yang dinilai adalah membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Selain empat aspek bahasa, terdapat pula aspek-aspek lainnya, yaitu kognitif, psikomotor, dan afektif.
Penilaian berbasis kelas ini menilai dengan pengumpulan karya siswa (portofolio), hasil karya atau produk, penugasan (proyek), kinerja (performance), dan tes tertulis. Guru menilai kompetensi dan hasil belajar siswa berdasarkan level pencapaian prestasi siswa.

B.     Contoh Penilaian Berbasis Kelas
1.      Penilaian Kegiatan Belajar Membaca
a.       Tes Membaca Nyaring
KD: Membaca indah puisi dengan menggunakan irama, volume suara, mimik, kinseik yang sesuai dengan isi puisi.
Soal:
-          Pahamilah dengan baik puisi berjudul “Sebuah Jaket Berlumur Darah” karya Taufik Ismail di bawah ini!
-          Bacakan puisi itu dengan memperhatikan irama yang tepat, volume suara yang cukup, mimik dan kinesik yang sesuai di depan kelas!
Penilaian:
Guru menilai kemampuan siswa dalam membaca indah puisi berdasarkan unsur membaca puisi yang dikuasai siswa, kekurangan atau kelemahannya dari unsur membaca puisi, dan kesalahan-kesalahan dalam membaca indah puisi.
b.      Tes Membaca Pemahaman
KD: Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
Soal:
-          Bacalah artikel yang berjudul “Facebookers yang Rentan” berikut!
-          Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar!
-          Tuliskan isi dari artikel tersebut dalam satu paragraf dengan tepat dan lengkap!
Penilaian:
Guru menilai jawaban siswa dari lembar pertanyaan dan kesimpulan dari isi artikel tersebut dalam satu paragraf.
2.      Penilaian Kegiatan Belajar Menulis
a.       Tes Menulis berdasarkan Rangsangan Visual
KD: Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam
Petunjuk: Guru menayangkan media video yang berisi kumpulan gambar alam sekitar.
Soal:
-          Perhatikan tayangan video yang diberikan oleh guru dengan seksama!
-          Tuliskan hal-hal yang penting dan menarik dari tayangan video tersebut!
-          Buatlah satu puisi bebas berdasarkan tayangan video yang telah kamu lihat tadi!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis puisi bebas. Semakin kreatif dan baik penulisannya, maka nilai yang diberikan semakin tinggi atau baik.
b.      Tes Menulis berdasarkan Rangsangan Suara
KD: Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi.
Petunjuk: Guru memperdengarkan rekaman sebuah berita dari radio.
Soal:
-          Simaklah rekaman berita dari radio berikut!
-          Catatlah hal-hal yang penting dari rekaman berita tersebut!
-          Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
Penilaian:
Guru menilai ketepatan siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mengandung unsur pokok berita (apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana).
c.       Tes Menulis dengan Rangsangan Buku
KD: Meresensi buku pengetahuan
Soal:
-          Bentuklah sebuah kelompok bersama teman-temanmu dengan anggota 6 orang!
-          Bacalah buku yang berjudul “Menulis Cerpen Praktis” dengan teliti!
-          Buatlah resensi dari buku tersebut dengan memperhatikan identitas buku, kelebihan dan kelemahan buku, serta isi dari buku tersebut dengan jelas dan tepat!
Penilaan:
Guru menilai ketepatan, kesesuaian, dan kejelasan siswa dalam menulis sebuah resensi buku “Menulis Cerpen Praktis”.
d.      Tes Menulis Laporan
KD: Menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
Soal:
Tulislah sebuah laporan perjalanan ke suatu tempat yang pernah kamu kunjungi dan berkesan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai keruntutan, kelengkapan, dan kejelasan siswa dalam membuat sebuah laporan perjalanan ke suatu tempat serta penggunaan bahasa Indonesianya yang baik dan benar.
e.       Tes Menulis Surat
KD: Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Soal:
Ardi bersahabat dengan Radit, tetangganya, sejak kecil. Namun semenjak umur 13 tahun Ardi harus berpisah dengan sahabatnya karna Radit pindah ke Surabaya. Ardi, yang rindu bermain dengan Radit, berniat untuk menulis surat kepada dia. Bantulah Ardi agar ia dapat menulis surat yang baik kepada Radit!
Penilaian:
Guru menilai kesesuaian komposisi, isi, dan bahasa dengan ilustrasi yang telah diberikan.
f.       Tes Menulis berdasarkan Tema Tertentu
KD: Menulis kreatif puisi berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
Soal:
Tulisah sebuah puisi bebas berdasarkan pengalaman Masa Orientasi Sekolah (MOS) yang telah kamu lakukan!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis puisi bebas serta kesesuaian tema juga isi yang baik.
g.      Tes Menulis Karangan Bebas
KD: Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa yang pernah dialami
Soal:
Tulislah sebuah cerita pendek berdasarkan peristiwa yang paling berkesan dalam hidupmu!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam menulis sebuah cerpen bebas dan kesesuaian dengan tema yang telah ditentukan.
3.      Penilaian Kegiatan Belajar Berbicara
a.       Tes Berbicara berdasarkan Gambar
KD: Bercerita dengan alat peraga
Petunjuk: Guru menayangkan gambar-gambar yang dirangkai menunjukkan sebuah cerita
Soal:
-          Perhatikan rangkaian gambar yang ditayangkan dengan seksama!
-          Ceritakanlah rangkaian gambar yang telah ditunjukkan tersebut di depan kelas!
Penilaian:
Guru menilai kreativitas siswa dalam bercerita serta kesesuaian cerita dengan rangkaian gambar yang ditunjukkan
b.      Wawancara
KD: Berwawancara dengan narasumber dari berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Soal:
Lakukanlah kegiatan wawancara dengan teman sebangkumu dengan memperhatikan etika berwawancara!
Penilaian:
Guru menilai penggunaan etika berwawancara, bahasa, dan hasil wawancara siswa.
c.       Bercerita
KD: Menceritakan tokoh idola dengan mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh, serta alasan mengidolakannya dengan pilihan kata yang sesuai
Soal:
Ceritakanlah mengenai tokoh idolamu secara lengkap di depan kelas dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai kelengkapan isi cerita (identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakan) serta bahasa cerita yang digunakan.
d.      Diskusi
KD: Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan penolakan pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
Petunjuk:
-          Kelas dibagi menjadi dua kelompok besar
-          Kelompok 1 sebagai pembela pelaku tawuran, kelompok 2 sebagai pembela korban tawuran
-          Guru menayangkan video yang berkaitan dengan kasus tawuran pelajar
Soal:
-          Simaklah tayangan video kasus tawuran pelajar dengan seksama!
-          Diskusikanlah kasus tersebut dengan mempertimbangkan peran masing-masing kelompok!
-          Diskusilah dengan aktif dan sportif serta gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai sikap siswa dalam berdiskusi (menyampaikan atau menyanggah pendapat) serta penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan kesesuaian bukti atau alasan dalam menyanggah sebuah pendapat.
e.       Ujaran Terstruktur
KD: Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
Petunjuk: Guru membacakan lima paragraf penggalan novel “Betty Ta’ Iye” kepada siswa.
Soal:
-          Bentuklah sebuah kelompok dengan anggota lima orang!
-          Simaklah dengan baik penggalan novel “Betty Ta’ Iye” berikut!
-          Catatlah hal-hal yang penting atau menarik dari penggalan tersebut!
-          Diskusikanlah dengan temanmu mengenai penggalan novel tersebut (hubungkan dengan kehidupan nyata sehari-hari)!
-          Sampaikanlah pendapatmu kepada teman-teman di kelas dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar!
Penilaian:
Guru menilai kesesuaian dan ketepatan siswa dalam mengapresiasi penggalan novel tersebut dengan kehidupan nyata sehari-hari juga penggunaan bahasa Indonesianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar