Mengenai Saya

Foto saya
Perempuan kelahiran Kota Malang yang terus belajar, mencoba, lalu berkreasi
Hai! Selamat datang dan selamat menikmati sajian tulisan-tulisan yang semoga bermanfaat ini. Kotak saran dan kritik sangat terbuka, jadi jangan sungkan-sungkan untuk memberikan komentar. Jangan lupa menuliskan sumbernya ya jika mau merujuk tulisan-tulisan di blog ini. Have a nice surf :)

Minggu, 27 Januari 2013

PENILAIAN ASPEK PSIKOMOTOR


Oleh: Silka Yuanti Draditaswari
Mahasiswa Sastra Indonesia
Universitas Negeri Malang



Aspek psikomotor adalah aspek yang berhubungan dengan hasil belajar yang pencapaiannya melalui keterampilan manipulasi yang melibatkan otot dan kekuatan fisik. Jika dihubungan dengan pembelajaran, maka keterampilan itu dilatih melalui praktik secara berulang-ulang yang akan menjadi kebiasaan atau otomatis. Pengulangan latihan akan memberikan pengaruh yang sangat besar pada keberhasilan belajar. Langkah-langkah dalam mengajar praktik adalah sebagai berikut:
1.      Menentukan tujuan dalam bentuk perbuatan,
2.      Menganalisis keterampilan secara detail dan catatan operasi serta urutannya,
3.      Mendemonstrasikan keterampilan tersebut disertai dengan penjelasan singkat dengan memberikan perhatian pada butir-butir kunci termasuk kompetensi kunci yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan itu serta bagian-bagian yang sukar,
4.      Memberi kesempatan kepada siswa untuk mencoba praktik dengan pengawasan dan bimbingan, dan
5.      Memberikan penilaian terhadap usaha siswa.
Penilaian hasil belajar psikomotor atau keterampilan itu harus mencakup persiapan, proses, dan produk. Penilaian dapat dilakukan pada saat proses berlangsung atau sesudah siswa bekerja. Untuk melakukan pengukuran hasil belajar ranah psikomotor, terdapat dua hal yang perlu dilakukan oleh guru, yaitu membuat instrumen soal dan membuat instrumen untuk mengamati jawaban siswa. Instrumen soal tersebut bisa berupa pertanyaan, lembar kerja, lembar tugas, perintah kerja, dan lembar eksperimen. Instrumen unuk mengamati jawaban siswa tersebut bisa berupa lembar observasi, lembar penilaian, dan portfolio.
Lembar observasi adalah lembar yang digunakan untuk mengobservasi aspek-aspek keterampilan yang diamati. Lembar observasi ini dapat berupa daftar cek (check list). 
Lembar penilaian adalah lembar yang digunakan untuk menilai kinerja siswa atau menilai kualitas pelaksanaan aspek-aspek keterampilan yang diamati. Portofolio adalah kumpulan pekerjaan siswa yang teratur dan berkesinambungan sehingga peningkatan kemampuan siswa dapat diketahui untuk menuju satu kompetensi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar